Sepenggal Kisah Seorang Anak Broken Home…

teringat 16 tahun silam, seorang anak perempuan kecil dipaksa melihat adegan yang sungguh mengerikan, yah pertengkaran orang tuanya. teringat di malam itu dia sedang asik bermain boneka, sang ibu sedang menonton televisi sedangkan sang ayah ntahlah dia tak ingat kemana ayahnya selama ini, yang dia tau saat dia menanyakan keberadaan sang ayah sang ibu langsung menyuruhnya pergi kerumah nenek dan bertemu sang ayah, sehingga bocah berumur 4 tahun itu tidak menganggap ada sesuatu yang serius antara kedua orang tuanya. namun malam itu malam yang membuat traumatik bagi sang bocah, dia ingat malam itu ayahnya mengedor pintu minta dibukakan, tiba2 sang ibu datang dan langsung berteriak-teriak. saat itu dia tidak jelas mendengar apa yang diteriakkan, karena dia senang ayahnya pulang namun tiba-tiba dia juga keherannan melihat aksi yang dilakukan sang ibu. saat itu sang nenek yang membukakan pintu rumah, jelas sekali bocah itu langsung berlari menyambut sang ayah, namun ayahnya tidak langsung memeluknya dia menjawab apa yang sang ibu teriakkan, dan akhirnya terjadlah pertengkaran itu. sang bocah 4 tahun itu dipaksa melihat adegan yang sangat membuatnya bingung, sedih, dan bertanya-tanya. sambil berlari dia memegang boneka mengikuti alur sang ayah dan ibunya. dan saat itu dia menangis ketika melihat sang ayah yang menghalangi sang ibu untuk menusukkan gunting ke perutnya sendiri, bocah itu berteriak-teriak sampai ada seseorang yang mengambilnya saat itu, terlambat memang bocah itu sudah terlanjur melihat banyak adegan yang sangat terpetakan jelas di setiap hari-harinya. hari dimana terus ingin bocah itu lupakan namun tidak bisa karena itu adalah adegan yang benar2 pertama kali dirasakan olehnya.

hari-hari setelah itu sang ibu mengajaknya ke suatu tempat, seperti perkantoran, namun sang bocah tidak tau kantor apa itu, dia hanya menemani sang ibu saat itu, ibu yang sangat dia sayangi, sesekali dia bertanya dimana sang ayah dan tidak dijawab oleh ibunya dan bocah itu kembali diam.

bulan-bulan setelah itu tiba-tiba dia diberitahu bahwa ayahnya harus bekerja di tempat yang sangat jauh, BATAM, sebuah kota yang menjadi tujuan sang ayah, bocah yang tidak mengerti apa-apa itupun hanya mengiyakan kepergian sang ayah tanpa tahu sebenarnya sejak saat itu dia tidak bisa merasakan kasih sayang sang ayah.

tahun-tahun setelah itu, tepatnya 13 tahun setelah itu, bocah ini sudah berada di sma, mendapati teman-teman baru, tak ada masalah sebelumnya tentang absennya sang ayah didalam hidupnya, namun bocah ini menjadi pemikir bahwa ada sesuatu yang kurang dalam dirinya, dia mencari, berpikir, merenung, mencoba mengetahui apa yang terjadi, dan dia ingat malam itu dan baru dia sadari bahwa saat itu orang tuanya memutuskan untuk bercetrerai, bahwa saat di perkantoran itu adalah sebuah pengadilan tempat orang  tuanya bercerai, dan dia baru menyadari karakter yang ada pada dirinya sangat rapuh karena hidup tanpa didikan sang ayah. dia sadar bahwa dirinya berbeda, kadang dia bertanya kenap harus bercerai kepada sang ibu, kadang dia menyesali mengiyakan kepergian ayahnya, kadang dia menyesali bahwa dia telah mengantar ibunya ke pengadilan dulu, coba saat itu dia sudah mengerti tentang ini mungkin dia akan menentang sekuat tenaga, mungkin dia tidak akan merelakan keputusan orang tuanya ini. karena sesungguhnya tidak enak menjadi anak seorang single parent. dimana-mana orang tua itu ada dua, dan dua2nya yang menentukan pembentukan sifat sang anak.

yah bocah itu sekarang telah menempuh kehidupan perkuliahannya, bocah itu hanya bisa mengikhlaskan apa yang terjadi walau kadang sangat sulit menerina….

sangat sulit masa2 kecilku dulu, disaat anak-anak lain merasakan kasih sayang kedua orangtuanya aku harus melihat pertengkaran, disaat anak-anak lain belajar mengaji dengan sang mama, membaca oleh sang ayah, berekreasi bersama, aku tidak kawan, ibuku harus bekerja untuk menghidupi aku dan kakau karena kiriman uang ayahku tidak mencukupi, aku belajar baca oleh orang yang menumpang dirumahku dulu bukan oleh orang tuaku, aku belajar ngaji dipengajian-pengajian, dan aku jarang berekreasi. oleh karena itu kalian yang mempunyai orang tua yang utuh jagalah mereka, kasihi dan berbaktilah, dan kalian yang bernasib sama denganku terimalah dengan lapang, wlau itu sulit tetap sayangi mereka dan yakinlah bahwa keputusan mereka dulu memang keputusan yang terbaik.

mah,yah aku sangat sayang sama kalian dan sebenernya aku selalu mengharapkan hal yang ga mungkin terjadi yaitu kalian bisa balikan lagi, tapi aku sadar itu ga mungkin. tapi sulit dan sangat berat untuk menjalani hal ini. aku ingin ayah dan aku ingin mamah. aku ingin kalian..

Nadia Juli Indrani

-seoarang anak hasil broken home…-

PLEASE JANGAN ASA DI COPY DAN DISEBAR GITU AJA DONG……

INI BUKAN UNTUK KALIAN SEBAR LUASKAN…..

JUJUR AJA SAYA MARAH!!!!!

~ by nadzzsukakamu on June 13, 2009.

61 Responses to “Sepenggal Kisah Seorang Anak Broken Home…”

  1. tetep semangat ya sayang.
    seorang anak yg keluarganya lengkap juga belum tentu lebih bahagia dari elo. bokap-nyokapnya ada tapi berantem terus. itu lebih ga enak kali nad.

    tetep bersyukur, whatever happens. it will make you much more STRONGER.
    cheers xD

  2. hohoho…
    sip nti..pasti bersyukur mah…
    itu mah cuma lagi kangen aja..
    hahaha…
    makasi ya say!!!

  3. houmfffzzz!!!!

    manusia itu, selalu menginginkan yang lebih dari apa2 yang dimilikinya…
    seperti kata pepatah, rumput tetangga selalu tampak lebih hijau (yang artinya: itu tetangga pasti rajin nyiram rumput…lho?)

    ntah sejak kapan, saia ingin selalu mencoba mensyukuri apapun dan menerima semua dengan ikhlas, dengan 1 sugesti: ini pasti yang terbaik!
    walau kadang, jalannya ga sesuai dengan yang diharapkan, pahit memang, tapi bukankah apa2 itu tergantung penyikapannya…

    yu kita belajar bareng untuk selalu membuat hidup kita menyenangkan, bukan cuma untuk diri sendiri tapi juga untuk memberi kekuatan pada orang2 di sekitar kita :P

    saia hanya manusia dengan banyak kekurangan, dengan sedikit bekal pengalaman sendiri dan mencoba belajar dari kehidupan orang2 yang nyata…

    Kawan, hidup itu sekali,
    sekali2nya itu buatlah hidup kita menyenangkan..

    kamu tau menyenangkan itu apa?

    menyenangkan itu adalah melakukan apa2 yang kita senangi, dan kita senang setiap melakukan apa2 yang harus kita lakukan,
    menyenangkan adalah jika kita melakukan segala sesuatunya demi menyenangkan orang2 yang menyayangi dan kita sayangi (aprilia, 2009) :P

    CHEERS!!!!

  4. sip…
    lagian ini mah emang lagi pengen nulis aja da…
    aslinya mah udah ga terlalu ngaruh sekarang mah, biasa weh..16 taun tanpa ayah masa harus disesali hanya dalam 1 malam..lah trus 16 taun itu ngapain aja…
    okeh..

  5. when i read this entry
    one thing i realize
    i did not about know you well

    all this years
    i thought i know you
    but i’m not….

    forgive me for that my dear friend…

    but one thing…

    what you are now is because what you’ve been through..
    what happen with you is the best for you..
    if you’re not feel that “thing” in your past maybe you’re not like you are now

    mengutip kata2 seseorang…

    “mungkin hidupmu/nasibmu tidak lebih baik dari sekarang…”

    SEMANGAT KAWAN !!!!!!
    terus BERJUANG !!!!

  6. ga nan..emang aku aja yang ga pernah publish tentang hal ini sebelumnya…
    nyantei…
    thx ya bro…
    yups kita harus berjuang, karena seorang muslim harus terus berjuang hingga kedua telapak kakinya menginjak surga..
    fighting…

  7. nad?
    no comment.

  8. madjikanimyang said:

    what must I say??? tidak ada trauma yang lebih membekas selain trauma masa kecil..

    saya ingin mengulang kata2 kinan:
    when i read this entry
    one thing i realize
    i did not about know you well

    all this years
    i thought i know you
    but i’m not….

    forgive me for that my dear friend…

  9. @icus..
    cus??
    ayo kapan ke bandung???

    @mul..
    hoho..akukan selalu bertopeng mul..dan berkrepibadian ganda lagi..aku aja bingung da..wajar..

    @all..
    makasi yang tak terhingga yah…

  10. Nadia, kayaknya kamu lebih beruntung daripada aku. aku masih punya dua orang tua. tapi, kadang aku merasa seperti anak tiri. ibu kandung rasa ibu tiri, itulah ungkapan yang aku berikan pada ibuku. mungkin kalian akan berkata “dasar anak durhaka”, tapi aku tak peduli. mungkin tidak hanya aku. saudaraku yang lain mungkin juga. dari lima anak kandung ibuku hanya adik bungsuku yang belum pernah mengatakan ingin pergi saja dari rumah.anak bungsu selalu diberi kasih sayang lebih.
    kini aku tau mengapa kakak tiriku kabur dari rumah. tidak ada monster atau hantu yang paling mengerikan bagiku daripada ibuku kalau sedang marah. tidak ada suara paling mengerikan di telingaku selain teriakan ibuku (yang bisa mengalahkan paling terompet malaikat izroil).

  11. halo miss lonely…
    coba..coba..ayahmu gimana??ko nda di ceritain??
    ibu kenapa bisa marah??
    pasti lagi stess tuh, orang stress kan seneng marah-marah…
    hehe..
    sabar ya, pasti ada hikmahnya..
    jangan merasa kesepian karena pasti banyak orang yang peduliii banget ama kamu..
    kan ada aku juga..
    kita curhat-curhatan aja..hehehe…
    ayo SEMANGAT!!!!!

  12. AKU JUGA TERLAHIR DARI KELUARGA YANG BROKEN HOME…..
    dan saat ini aku mempunyai 4 orang tua…..
    tapi semua itu tak kujadikan beban…
    bukankah hal inilah yang membedakan antara aku dan teman2 laen yang memiliki keluarga yang normal….
    saat aku mendapatkan saat yang sulit sudah bukan hal yang sangat berat untukku, karena aku sudah pernah mengalami hal2 yang sangat sulit sebelumnya,,,,
    dan itu pula yang membuat aku menjadi lebih kuat di bandingkan dengan teman2 yang lain…..
    makanya aku tak mau telalu terpuruk oleh keadaan…..

  13. @wilda…
    BEnar..jangan terpuruk oleh keadaan..
    kalo saya mungkin terlalu rapuh kali ya..
    hihi..
    SEMANGAT!!!

  14. Yang pertama yang ingin aku sarankan adalah TETAP SEMANGAT …!! Aku adalah anak broken home dan aku punya kisah masa lalu yang kelam .Aku hanya ingin katakan bahwa LIFE IS BEAUTIFULL.TUHAN punya rencana yang indah dalam hidup kita .Salam kenal ya.Kiranya mau mampir ke blogku..

  15. salam kenal juga…

    pertama aku nulis tulisan iniu sebenernya tanpa bermaksud apa-apa, karena aku hanya menulis apa yang ingin aku tulis..ternyata banyak respon positif..
    makasih yah…

    oke blogmu apa?di link aja yah…

  16. Salam knal aja….bnyk bgt kata2 yg bt hdp SMANGAT,tp kdng it cm Kata2,
    Hidup pnuh dg cobaan
    Hitam putih dunia crita khidupan
    Tp nikmati aja,hdp ini indah bila qt mensyukuri

    Tos ajalah sama2 korban broken home,

  17. ANAK BROKEN HOME ONLINE
    “FORUM DISKUSI ANAK BROKEN HOME”

    http://anakbrokenhome.co.cc

    http://rizkyfauzi19.blogspot.com/2010/03/anak-broken-home-online.html

  18. waw…
    teman-teman yang orang tuanya bercerai, sabar yahhhh…..
    pasti itu terbaik…
    GANBATTE…
    sedih mah wajar yang ga wajar adalah kita terlalu terlarut ama itu semua….

  19. SELALU SEMANGAT GUYZ!

  20. SELALU SEMANGAT GUYZ…

  21. cerita yang mengharukkan ,, gua harus bersyukur dgn app yg gua punya !!
    d0nt giive up iia ..

  22. Gw pny bnyk tmen yg broken home.. Mungkin mreka bisa belajar bnyk dari kamu..
    Mari brkawan. Fb echa michan

  23. Tep smangat ya !!
    Gw pny bnyk tmen yg broken home.. Mungkin mreka bisa belajar bnyk dari kamu..
    Mari brkawan. Fb echa michan

  24. Semangat ya saay :) gue juga ngalamin hal yg sama kok. Produk broken home. Dulu waktu gue masih kecil banget gue udah sering denger mama papa bertengkar. Tapi gue ga ngerti apa2. Sampai akhirnya mereka cerai, gue pun gatau larna masih kecil. Kamu masih mending menurut gue. Waktu itu setiap gue nyebut kata ‘papa’ mama selalu marah, dan katanya gue gaboleh nyebut2 papa lagi. Dari masih kecil gue tertekan, setiap malem gue sering bgt nangis sendiri sblm tidur. Tapi ga ada yg tau. Dulu gue cuma tinggal sama mama dan pembantu sampai akhirnya gue diambil sama nenek kakek gue karna dia ga tega ngeliat gue ditelantarin sama mama. Mama selalu kerja dan pulang malem. Setiap hari gue lebih sering ngeliat muka pembantu dan tukang ojek gue dari pada ngeliat sosok mama gue. Sampai2 rapor gue lebih sering diambilin sama tukang ojek gue. Well, itu masa kecil dan masa lalu gue yg suram dan bikin gue trauma. Tapi sekarang gue udah menjadi org yg luar biasa buat diri gue sendiri. Karna gue punya mimpi yg gue tuju.

  25. terima kasih..
    semangat juga yah untuk kalian semua… :)

  26. sama sama . fb nya uda di ett blum??

  27. Sabar aja ka Tuhan tidak akan memberikan c0baan yg berat karena d balik sebuah c0baan pasti ad hikmahnya.
    Sukses slalu ka nadia karena 0rg sukses punya 1001 macam cra utk sukses dan 0rg gagal punya 1001 macam alx utk gagal

  28. sungguh kisah yang menyentuh.. aku bisa merasakan kepedihan hatimu, karna aku juga mengalami hal yang sama. sakiiiit sekali… kadang orang tua memang egois. kenapa sih, mereka tidak mau mengalah demi anak..? rasanya aku ingin berteriak pada orang tuaku…”tolong jangan sakiti hatiku lagi pak.. bu.. aku sangat menyayangi kalian.. aku akan menurut apapun yang kalian inginkan.. tapi toloooong… jangan sakiti hatiku. T___T” Ya Allaah… tolonglah anak2 yang menderita karena orang tuanya… Lindungilah kami Ya Allah… AMIEN

  29. y q tw ini sangat brat karena q jg mengalaminyaa….tp msh mending mbak dnafkähi olh ke2 ortu?sdgkan q g,q hdup dlm dpresi yg sgt brat q lalui..q mencri org tua asuh mski brakhr dlm kekejaman batin yg pnuh dgn pnysalan,mbk hrz lbh bzyukur..

  30. aq jg sma anak broken home aq ry kecil jg g pernh merasakn kash sayng seorg ayah ktmu pun bz 6tahun s’x yang aq sesalkan knpa ayah qu bgtu cept apet pengganti ibuqu stlh merka bercerai ry kecil aq ikt ibu pi sekrg aq diambil ayah qu hidup dengan sembunyi2 ry ibu tiri dan adik tiri sungguh menyakitkan!aq ingin kuat pi knpa 2 susah sekali aq hrz jalanin semua ini

  31. [...] Sepenggal Kisah Seorang Anak Broken Home… June 2009 30 comments 4 [...]

  32. Sabar yaa…guw juga anag brokenhome,
    fasilitas boleh lah lengkap..tapi tanpa kasi sayang mamah papah ga ada artinya juga kan??
    Tetep semangat kta sbg anak brokenhome,
    keep fight :D

  33. semangat buat semua anak2 broken home..
    gw lebih ngerasa pedih, saat gw sakit, ibu gw ngomong ke ayah gw untuk berobat..
    dan kalian tau ayah gw bilang apa “berobat mata lo,, emang dya anak gw, dya kan anak orang jalanan” pahit bgt dengernya. gw juga suka denger dari ibu klo gw anak yg ga dipengenin, ayah gw maunya cuma punya 3 anak. sedangkan gw terlahir jdi anak ke 5..waktu gw masi dikandungan 1001 cara dilakuin supaya gw gugur.. tapi allah punya jalan lain supaya gw tetep hidup n liat begitu besarnya perjuangan ibu gw buat gw.. walaupun dri kecil gw selalu hidup ga adil.. slalu gw yg disalahin, slalu gw yg dibelakangin.. smpai2 biaya sekolah smpe gw kuliah, gw hrus brjuang.,,

  34. sabar, ikhlas, tawakal..
    seorang yang tangguh itu hanya ada setelah dia ditempa berbagai macam masalah dan mampu menyelesaikannya…
    just happy with your life :)

  35. Tersenyum membaca dan memikirkan ternyata bukan aku seorang yang mengalami perjalanan hidup yang demikian.
    namun aku mulai umur 8 bulan Bapa dan Mama ku pisah dan gak balikan hingga aku hingga saat ini berusia 22 tahun, dan aku dibesarkan nenek(oppung dalam bahasa batak) dari bapak. karena mama ku adalah seorang pejudi berat dan lebih tertarik terhadap kenikmatan hidup bersama teman-temannya dan mengabaikan tanggung-jawabnya sebagai ibuku dan istri bapak ku. :-) Biarlah hanya Tuhan yang tau mengapa mereka bisa bersatu dan berpisah. mungkin kelahiranku gak kusesali namun kutangisi.

    Buat Penulis ( aku panggil Indri ya) Thanks buat share tulisannya, Ingatlah selalu bersyukur Pada Tuhan, cintai sesama manusia dan biarlah semua hal itu menjadi sebuah pelajaran agar lebih berhasil dalam membina hubungan rumah-tangga di kemudian hari.

    salam,
    JsK

  36. aduhh sayy.. sabar yah :)
    sama kya gue.. tp ga separah ini jg…
    tegar yah :))

  37. kta sama,,,

    tp yg mnjdi korban bkan gue,,

    tpi adik2 gue

  38. pertama kali buka blog ini,,
    menangis,
    itu yang aku lakukan
    kisah hidup mu adalah sebagian kecil dari episode yang pernah aku jalani
    hingga saat ini
    salam kenal

  39. semua uda di gariskan sprti itu, jgn sdih. . . g jauh bda dg kmu, aq pn sperti itu!

  40. .tep sbar n smangat, kmu masih beruntung. Aq masih pnya ortu tp gak sayang mreka gk sesayang seperti sayang k kakak aq. Mpe akhrna ayahq jg pergi n gk bsa ktmu lg. Skrg aq udah SMA,q coba tuk ikhlas walu d rmh jd anak tiri.

  41. aq jg lahir dr klwrga broken home,,,org tua ku bercerai saat usia ku 9 tahun dan sekarang umur ku 20 tahun,,,ayah ku menikah lagi dan juga ibuku,,,mereka sibuk dengan keluarga mereka sekarang,,,aku dan adik perempuanku ikut dengan nenek dan sekarang nenek udh gag ada yang mengurus kita sekarang ibu ku adik daro ayah,,,tapi kelihatan banget kalau ibu ku itu hanya sayang sama adikku tapi gag masalh sieh buatku,,,ada yang lebih menyakitkan saat aku punya pacar eh ternyata ortunya gag setuju karena aku anak dari keluarga broken home,mereka bilang anak broken home itu gag benar,,,,,,yah setelah aku pikir2 buat apa melanjutkan hubungan itu jika ortunya menganggap hanya dari luar saja,,,aku cuma mau kasih tau buat orang2 yang berpikiran jika tidak semua anak briken home itu tidak benar,,,tergantung kita yang menjalani aja,,,berdoa meudah2an jika kita berkeluarga kita tidak akan mengulang kembali kisah pahit kedua orang tua kita…

  42. Nggak nyangka,ada orang deritanya sama seperti ane :@
    ortu gue broken home,dan mereka tentu punya kehidupan masing2
    sekarang gue tinggal sama ibu gue,yang tiap harinya hanya berkerja untuk mencari nafkah untuk ke2 anaknya
    Jujur , gue iri sama orang2 yang punya keluarga yang lengkap
    tapi ya mo gimana lagi kan ?
    Sampe pada akhirnya gue putus asa
    tapi setelah liat ini
    gue sadar, ada orang yang sama bahkan lebih menderita dari pada hidup gw.
    you give me the reason why i have to stay =))
    Together we will never surrender =))

  43. tampaknya harus ada cerita part 2 ya untuk mengklarifikasi semuanyaa…

    hohoho…

    guys, aku ga semenderita itu ko, dan pasti kalian juga..itu cuma masalah pilihan..tungguin yang part 2 aja ya..

  44. saya juga broken home,dari umur saya kurang lebih 1 tahun.. Ayah saya tidak pernah mencari saya, bahkan untuk mengangkat telpon saya dia juga tidak mau, saya pun tidak tinggal bersama ibu saya. Melainkan saya dititipkan dikeluarga dari ibu saya
    Tapi keadaan yang membuat saya untuk tegar dan kuat hingga sekarang :)

  45. Sabar ya, nasib kita gak jauh beda kok :)

  46. baca kisah kalian,saya Jadi berpikir dua Kali untuk berpisah Dari suami,
    ini karena anak ku yg masih kecil,tapi aku juga kasihan,dg anakku,karena harus meliat mama dan papa Nya berantem.blom lagi bila aku lagi emosi dg suamiku,anakku yg Jadi pelampisan…
    Sakit hati dan ingin pisah ini lah perasaan semua istri bila tau suaminya selingkuh…
    Dan anak yg tak berdosa yg Jadi korban…

  47. kita sama,tp kmu beruntung,kmu masih bisa kuliah,aku ga :_(

  48. follow ini @bocahbrokenhome :)

  49. Aku malah tiada hari tanpa dimarahin :'(

  50. No commant……………
    Anak” korban broken home juga manusia
    Jadilah diri sendiri N Tetep kuat hadapi hidup buat hidup lbh hdp
    ​​‎​;););) ‎​
    Nasih ​Ʊϑaђ mnjdi bbur
    Jgn ssali pa yg trjdi
    Puji TUHAN kita tlah di brikan nafas dan tu hal yg terindah
    ªa̲̅kц juga korban broken home,,,,,,,
    Mama papa ku masa bodoh bgt nta apa yg akan buat mrka sadar akan khdpan dan tggung jwb mrka,,,,,N apa yg mmbuat mrka bisa merasakan hidup ini,,,dri mana mreka brasal,,,,,,,,,,,,aku cuek aja meski sakit

  51. [...] Tulisan ini kelanjutan dari tulisan sebelumnya -> cek disini [...]

  52. baca ini ya, http://nadzzsukakamu.wordpress.com/2012/11/13/sepenggal-kisah-seorang-anak-broken-home-2/

  53. saya juga sama seperti kamu nad

  54. 18 tahun saat ini usia saya..
    Dan saya juga salah satu korban.. Bersama dgn ketiga adik saya yg msh kecil..

  55. kisah yg sama dgn ku,, tetap semangat buat kamu.. :))

  56. YA ALLAH CERITA INI KAYAK HIDUP AKU :'(

  57. sabar yh,,
    q jg sdh mngalami itu ,,,skarang usiaku 17 thn alhamdulilah tidak jadi bercerai kini kedua orang tuaku sudah harmonis lg tidak seperti dulu ,, yg setiap hrinya di landa masalah ,,

  58. 11-12 sama saya. malah saya sudah dari lahir tidak kenal dan tidak mau kenal ayah saya.

  59. aku juga ngalamin hal yang sama seperti kamu bahkan lebih parah. dibesarkan oleh paman. tanpa mengetahui wajah seorang mama bagaimana. baru dua minggu aku ketemu mama setelah 17 tahun lamanya. tapi itu bukan menjadi alasan kita untuk hancur. jadikan cerita pahit ini sebagai motivasi hidup agar kita dapat sukses :) semoga saja, tetap semangat jalani hidup :)

  60. sy jga korban skarang mama sy udah nika lgi

  61. Sabar ajahh..lupain it smua..ak jg wkt kcil udh d tinggal bokap g dpt ksh syg dr kecil smpe skrng… Entahlah ak jd emosional… Sbr aj..kdg ak jg jealous sm org2 yg msh lengkap..tp bokapku mlh g ngrti sm sifatku yg sbnrny mau ap..pdhl ak cuma mau ingn d care spt yg lainny,jgn d judge gtu aj.mungkin krn mrk g ngrti x yah kn ortu jg g dr klg broken home…

Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

