Ujung Genteng I’M iN LoVe Part 3..

27 Januari 2009

huih..hari kedua ni ceritanya..hari dimulai dengan bangun jam 5 pagi dan langsung beraktivitas ampe jam 00.30 hari berikutnya…
oke pertama sholat subuh, langsung masak, makan, mandi, berangkat..
pertama adalah ngambil sampel Pitt Fall Trap yang kemarin, ngambil kupu-kupu atau serangga pake sweaping net, anvek (buat polt), ngukur DBH di hutan Mangrove, ngerjain wanti ama babai (karena ulang taun), sholat dzuhur ama ashar, makan, trus langsung jalan ke pangumbahan tempat penyu bertelur,,gila cape n padat pisan lah..

okey jadi setelah masang plok saat Anvek,,ujannya gede banget jadi pengamatan dihentikan sementara sambil ngobrol2 ama kang rifki n rizal dan teman-teman satu kelompok..akhirnya karena hujan tak kunjung selesai sedangkan pohon yang ada di dalam plot berukuran 10mx10m itu sudah minta disampel apa daya demi kemajuan ilmu pengetahuan akhirnya kita nyampel juga,,setelah itu plot perdu yang ukuran 3mx3m juga dijabanin, ampe plot herba yang cuma 1mx1m kita jabanin demi ilmu pengetahuan..nah karena hujan akhirnya data FisKim (fisika kimia) tidak dapat diambil (diambil deng tapi cuma satu kali,,harusnya 3x..)..udah nyampel beres langsung cabut ke hutan mangrove untuk ngukur DBH (diameter batang) pohon yang ada disitu..nih udah kaya tukang meteran aja deh bawa-bawa meteran sambil melukin pohonnya untuk ngukur lingkar pinggang tuh pohon..huih…(padahal aku sendiri ga tau maknanya apa..)!!

oke aku tau deng..itu berfungsi untuk mengetahui mana yang udah jadi pohon dan mana yang masih anak pohon,,anak pohon juga dibagi jadi 3 macem ada RCH 1, 2, dan 3..(jangan nanya apa itu RCH,,lupa!!)

nah udah selesai langsung deh ngerjain babai ama wanti di laut,,jadi mereka diceburin gitu..

teh wanti -topi merah- dan teh babay -topi ijo- abis diceburin langsung foto2...

teh wanti -topi merah- dan teh babay -topi ijo- abis diceburin langsung foto2...

oke pas lagi di mangrove aku bisa pake alat fiskim..yeah..mulai dari Sling Phycometer untuk ngukur suhu udara ama kelembaban udara diajarin ama ka satrio, Lux meter untuk ngukur intensitas cahaya diajarin ama ka imam, ama GPS untuk tau letak kita saat itu diajarin ama ka Meded..

nah pengamatan berlanjut,,bukan denk ceritanya kita mau ke pangumbahan..yang jalannya 7 km,,oouucchh..tapi aga kebayar sihh mengingat banyaknya hewan laut yang bisa diamatin,,uhh seruu liat tripang, bintang ular laut, ular laut, gastopoda, hewan2 aneh yang ga bisa ditentukan apa itu, bulu babi…ni liat fotonya..

Tripang

Tripang

 

Bintang Ular Laut

Bintang Ular Laut

 

Ulat Laut

Ulat Laut

tapi seseru2nya hewan laut kalo masalah jalannya 7km ya cape juga akhirnya kaki belah2 juga lalecet kita nyampe juga di pangumbahan, tempat penyu bertelur,,dahsyatlah ngeliat keagungan Allah SWT,,ada adegan mengharukann..jadikan disana ada pengawas gitu yang tiap malem selalu ngambil telur penyu yang baru ditetesin dengan alesan biar ga dicuri,dan saat penyu nyampe di pesisir pantai ampe penyu bertelur itu butuh waktu 1 jam dan itu ga boleh ada cahaya atau gangguan sedikitpun yang ngebuat tuh penyu kaga jadi bertelur karena ngerasa ga aman,,ceritanya untuk menunggu waktu itu kita makan aja,,tiba2 dipanggil mas2 nya “dik penyunya udah mau bertelur”,,dengan kecepatan tingkat tinggi kita cepet2kan dan ga boleh ada penerangan jadi setelah si penyu merasa aman meletakkan telurnya dia bakal gali lobang untuk nyimpen telurnya dan kemudian lubangnya ditutup dan penyu kembali ke laut..
saat aku dateng beneran dunk penyunya itu sedang bertelur dan secara langsung sama petugas telurnya itu diambil dari lobang,,intinya jika sedang bertelur seramai apapun suasananya si penyu ga bakal kabur kaya sebelum bertelur,,kasian jadinya kaya gali lubang sia2 terus telurnya diambil tanpa si penyu ketahui dia lempeng tutup lubang yang padahal kosong..adegan yang menariknya dari mata sang penyu keluar sebuah cairan seperti air mata,,jadi kayanya penyu itu tau telurnya di ambil tapi mau kaya gimana lagii,,penyunya nangis,,kasian banget..hiks!!!naluri ibu…sempet foto2 juga tapi maaf ga bisa ditampilin..
oia telur penyu itu bulet kaya bola pingpong tapi lunak banget bentuknya bisa penyot (gara2 aku pegangnya kuat2..) tapi ga pecah.. dan khasiatnay adalah sebagai obat kuat,,tuh untuk cowo yang loyo minumlah telur penyu,,hehehe!!!
abis ngeliat kejadian itu kita langsung pulang ke penginapan..(yang mana menempuh jarak 7km lagi…)

note: kalo pas belum nikah jangan mau kaya penyu karena jika masa subur telah datang penyu betina yang nyamperin penyu jantannya..maluin tapi kebutuhan kali yaa..
nah pas udah hamil contohlah penyu karena pengorbanannya cukup dalam untuk menyelamatkan anak2nya jarak dan usahanya sangatlah keren,,terharu..
dan mau tau penyu jantan ngapain.,,cuma berenang dilaut nunggu penyu betina nyamperin pas udah kawin langsung ditinggalin ga tanggung jawabb..iihhh males..

semoga suami aku ga kaya penyu jantan,,hehe..amin!!!

hoa..selesai..nantikan kisah hari ketiga selanjutnya!!!

~ by nadzzsukakamu on February 4, 2009.

7 Responses to “Ujung Genteng I’M iN LoVe Part 3..”

  1. nad kamu rajin sekali menulis!
    hahahaha!
    keep writing!

  2. penghuniujungkulon said:

    mungkin penyu jantan pergi ke laut cari makan, mungkin juga penyu jantan baru balik di malam hari sehingga fenomena ini tak sempat untuk diamati..

    btw,kok telurnya diambil? gak kasihan?

  3. wah… keren tuuh penyu!
    Nad, lu teh kuliah atau mau ngabisin habitat alam perlahan-lahan Nad?

  4. @hendri..
    makasi dri,,buat wp atu biar kita saling komen2an..

    @madjikanimyang
    sebenernya ga bingung ni ama komennya..
    jadi gini ya penyu itu hidupnya di dasar laut bukan di pesisir,,jadi dia cari makan ya disitu,kawin disitu,dll disitu aja..tapi begitu ci betina mau bertelur baru dia keluar dari peradabab (dasar laut maksudnya..) menuju ke pesisir..inget dari dasar laut ke pesisir itu jauh ya kawan..
    sedangkan emang udah takdirnya penyu kali ya,,setiap abis kawin mereka itu langsung pisah begitu saja..(mengingat wajah penyu sama semua jadi sulit mengenali siapa yang menghamili ci betina..)..nah selama masa kehamilan,ataupun pas melahirkan sang betina yah sendirian asli,,kaga ada bidan ataupun keluarga gitu…
    jelas??

    telur itu kasiatnya banyak banget jadi sering banget banyak yang nyuri ntah untuk dijual atau dikembangbiakan,,jadi petugas disana untuk menyelamatkan kehidupan ci penyu diambil lalu dipindahkan ke tempat yang aman nah pas udah netes dibalikin lagi ke laut,,gitu..

    @gagacant
    gua hanya mengamati kaga dibunuh atu diambil tau..

  5. oia lupa aku ngamatinnya malem2 loh jam 7-9.30 malem..karena mereka emang makhluk nokturnal…

  6. hwakakakakakakkk.. *ngakak sebisa-bisanya..*

    ternyata..
    seorang nadz yang baru njul kenal pas mau ke ujung genteng ini orangnya nggak beres juga..
    hahahahahh..

    iya sihh..
    maunya enaknya aja penyu jantan tu..
    sama kayak macaca sp. tau..

    abis mating, dia nggak ada berperilaku menyayangi kek, ntah dibelai dikit kek, malah ditinggal bgitu aja macem nggak bertanggung jawab..

    lalu setelah itu dia meraja gitu, berasa minta di’serpis’ sama selir”nya..

    hiih..
    jangan sampai..
    jangan sampai..

  7. betul teh njul…

    beda macaca ama penyu..
    kalo penyu saat nikah itu yang betina duluan loh yang nyamperin jantannya..bukan yang jantannya yang ngajak..hehe..

    karena ketidakberesan itu indah..hehe,,naon deui..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: