Perbedaan Siklus Estrus dan Siklus Menstruasi

mau bagi-bagi ilmu lagi ni…moga bermanfaat…

Siklus reproduksi pada makhluk hidup ada dua macam, siklus estrus dan siklus menstruasi. Siklus estrus terjadi pada mamalia non primata sedangkan siklus menstruasi terjadi pada hewan primata dan pada manusia. Perbedaan antara siklus estreus dan siklus menstruasi adalah:
1.Perubahan perilaku, pada siklus estrus terlihat adanya perubahan perilaku pada setiap tahapannya namun pada siklus menstruasi perubahan perilaku tidak terlalu terlihat.
2.External Bleeding, atau disebut juga dengan pendarahan keluar. Pada siklus menstruasi pendarahan keluar terjadi akibat adanya arteri spiral yang mengalami konstriksi bersamaan dengan luruhnya endometrium bagian (pars) fungsionalis. Pars basalis tidak meluruh dan permukaannya yang berbatasan pars fungsionalis akan diperbaiki pada fase reparasi, sehingga pars fungsionalis beserta arteri spiral akan utuh kembali. Pada fase estrus tidak terjadi pendarahan keluar karena tidak adanya arteri spiral jadi yang terjadi adalah adanya perobakan endometrium dan sel-sel yang sudah tidak dibutuhkan akan dimakan oleh sel-sel darah putih pada tubuhnya sendiri. Peluruhan sel endometrium ini disebabkan karena adanya pengurangan jumlah hormon progesteron yang dihasilkan oleh korpus leteum.
3.Waktu kawin, Pada hewan yang mengalami siklus estrue perkawinan hanya terjadi pada fase estrus saja sedangkan pada primata dan manusia yang mengalami siklus menstruasi perkawinan dapat terjadi kapan saja.(Anonim, 2009 B)

Pendarahan keluar atau dapat pula disebut dengan external bleeding dapat terjadi pada hewan non primata, namun volume darah yang dikeluarkan hanya sedikit tidak sebanyak pada primata dan manusia. Namun darah yang keluar ini seringkali disalahartikan sebagai menstruasi padahal faktor-faktor yang mempengaruhi hal ini berbeda dengan yang terjadi pada mamalia oleh karena itu pendarahan pada hewan mamlia ini disebut pula pseudomenstruasi. Faktor-faktor yang mempengaruhi adalah titer estrogen yang bersifat anabolik bukan dikarenakan adanya penurunan jumlah progesteron. Sejalan dengan pertumbuhan folikel yang sangat cepat, terjadi pengeluaran sel-sel darah yang menembus dinding pembuluh darah atau disebut juga diapedesis, sedangkan pada siklus menstruasi pendarahan keluar dikarenakan adanya peluruhan dari dinding endometrium. Contoh hewan yang mengalami pseudomenstruasi antara lain : anjing, kucing, kuda, dan sapi.

  •  
    •  

    ~ by nadzzsukakamu on March 22, 2009.

    10 Responses to “Perbedaan Siklus Estrus dan Siklus Menstruasi”

    1. makasih infonya..minta y buat jawab soal latihan

    2. wah informasi baru ni… tq yakk

    3. […] Perbedaan Siklus Estrus dan Siklus Menstruasi March 2009 2 comments 3 […]

    4. saya mau tanya kalo pada tikus bagaimana kadaannya??soalnya saya mau mendeteksi kadar estrogen tikus itu tpi mau diberi perlakuan ovariektomi…
      nah saya mau tau bagaimana estrus pada tikus tersebut..

      mohon di jawab n terimakasih..

    5. pada dasarnya fase estrus itu sama saja melewati keempat tahap : estrus, matestrus, diestrus, dan proestrus.
      rincian yang terjadi di setiap fase bisa dilihat : https://nadzzsukakamu.wordpress.com/2009/03/16/siklus-estrus-pada-mencit/

    6. lantas sebanrnya apakah kucing punya fase menstruasi (mengeluarkan darah dari vagina) seperti halnya primata?
      jika tidak terjadi pembuahan atau penundaan kehamilan, ovulasi itu sendiri akankah menyebabkan pyometra?

    7. kucing itu mengalami fase estrus bukan fase menstruasi..
      pyometra??wah maaf yang ini tidak bisa dijawab..heu…

    8. Reblogged this on Beruang Madu.

    9. bagus informasinya. Tapi, apa persamaan antara 2 siklus tersebut ?

    10. sama-sama masa periodik dari uterus🙂

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

     
    %d bloggers like this: