Akhirnya Cerita Ini Keluar!!!

Finally ini ditulis juga..setelah banyaaaaaakkkkkkk banget kendala yang muncul yang selalu lebih di prioritaskan daripada menulis ini akhirnya tulisan ini memang memaksa jiwa ini untuk mengetikkannya..haha..mulai lebai..jadi ini adalah kelanjutan kisah dari 876 Cerita Menuju India part 1 dan 2. yupsss, cerita kelanjutan kita ke, di, dan pulang dari India…sebenernya SERUUUUUUU dan ga akan pernah terlupakan sepanjang masaaaa..hehehe…

mulai aja yaaa…jadi setelah note yang terakhir itu akhirnya jam 01.00 kita berangkat, sempet sebelumnya Yunie merasa kesel karena berasa belum siap ini itu…kita bertiga yang lain udah hap hup hap hup (tarik napas cdritanya) sampai akhirnya kita bener-bener ada di Cipaganti Dipati Ukur. tidak percaya dan sulit mundur. setelah menunggu akhirnya travel ini melaju dengan lagu DANGDUT ga jelas di pasang sangat keras oleh supirnya (ehmm, bagus pasang aja yang keras biar kamu ga ketiduran pas nyupir sekalian pengen digebukin massa yang naik karena kita pengen tidur!). ntah di KM ke berapa kami semua tertidur sampai akhirnya travel itu berenti..SUDAH DI BANDARA!! aahhh ga sempet foto gerbang depannya acan lah.. karena kita datang masih terlalu pagi buat check in maka kita pun bersantai-santai. banyak banget pesawat disana. kalo yang biasa aku liat pesawat itu lagi terbang di langit ini ngeliat pesawat kaya capung lagi baris, kecil, banyak, pabalatak! karena lagi setengah ngantuk feel buat foto2 moment ini sedikit sekali, sayang sebenernya. pas masuk bandara, begitu feel foto udah ada eh dilarang buat foto. akhirnya adzan subuh berkumandang dan kita pun sholat lalumenukarkan uang pada CALO, iya dengan pinternya kita nuker uang ama calo karena takut ga ada money changer (pinter banget kan, di bandara ga mikir apa itu teh kaya pasar internasional terselubung) otomatis harga dolar yang kita beli pun jadi sedikit lebih mahal, karena pada dasarnya kita itu innoncent dan manis manja serta lucu jadi nurut2 aja..KUPLAK!!!

SARAN :

1. Sepagi apapun kalian nyampe bandara langsung aja take picture sana sini, sayang banget kalo moment ini kelewat. JANGAN berpikir kalo kita bisa ngelakuin pas pulang karena hasilnya NON SENSE kita udah cape dan males untuk apapun, pikirannya langsung pengen PULANG!!

2.Jangan pasang wajah lugu di depan calo yang notabene udah pinter setengah mati –> intinya JANGAN PERCAYA APAPUN AMA CALO (meski sebenernya mereka cari duit sihh..)

BANDARA (JAKARTA) – KUALA LUMPUR

karena ini pengalaman pertama naik pesawat kami berempat, jadi kita sedikit norak, semua cepet2.check in awal, nulis lembar regristasipun cepet, semua dilakukan dengan semangat 45! sedikit deg-degan dan bingung ama apa yang bakal terjadi, seneng, bingung, takut, campur aduk…intinya sigap tingkat dewa!!sampai akhirnya sipiriliiii kita di pesawat..foto2 dengan senyum ga natural.campur aduk lah.

SARAN :

1. belum ada saran untuk certa ini..hehe

KUALA LUMPUR

di bandara ini kita harus nunggu kurang lebih 9 jam buat keberangkatan ke Delhi. sumpah nyampah serapah tapi apa daya (kalo aku pikir sekarang ko bisa ya diem gitu 9 jam) males daa..tapi waktu itu mah ga kerasa apa-apa daa.menunggu saat itu merupakan menunggu paling indah sepanjang hidup. kita sholat jama qoshor di mushola KL.trus makan di Dunkin Donat (yang kalo di rupiahin bisa ampe 50.000 seorang dimana menunya cuma sosis, telur mentah, ama kopi pait yang udah ditambah gula 2 bungkus tetep pait) tapi sarapan saat itu merupakan sarapan paling enak sepanjang perjalanan…(TRUST ME, di India makanannya ga terlalu cocok ama lidah orang Indonesia).trus OL karena yunie bawa laptop dan di KL ada free wireless gitu, trus foto-foto liat harga ini itu, aaahhh pengen segala, tapi 1 kita harus HEMAT!

SARAN :

1. bawa sarapan sekali makan dan langsung buang tanpa bawa minumnya (karena di jakarta semua liquid itu harus dibuang) sarapan di Indonesia bisa 5000 dengan sosis dan telur matang, percayalah!

2. jangan bawa buku kaberat-berat karena akhirnya GA AKAN KEBACA –> percaya dewh kalian akan lebih interest ama keadaan orang-orang disana ketemu orang INDONESIA di negara lain (meski hanya malaysia) itu seneng bangetttt.. norak..

3. jangan kesenengan HP dapet sinyal trus smsan, karena tarif disini jadi 3000/sms. mahall…

KUALA LUMPUR – NEW DELHI

akhirnya kita terbang ke delhi….karena kondisi perut udah laper banget kita pesen makanan di pesawat dimana harganya 50.000 satu bungkus nasi kecil, yang tingkat kematangannya itu matang tapi ga pool dengan menu ayam rendang katanya mah, enak sih kalo menurut aku mah, tapi yunie ternyata emang ga bisa menghirup baunya..bau banget rempah-rempah. aku dan kedua temen yang lain mah lahap banget, enak lah dalam bayangan kita mah tapi tidak untuk yunie..kasian anak itu..

di pesawat ini banyak orang India yang mungkin pulang ke negaranya masing-masing, and did you know? ada orang india muslim disanaaa…seneng banget deh..kita ngobrol cas cis cus disana..(muslim india jenggot tebel pake sorban yang depannya ga ada bendolan -soalnya kalo ada bendolan mah itu teh hindu cuma dari keluarga singh gitu lah- bajunya putih) itu cukup mendefinisikan seorang muslim india dengan penampilan itu. karena sudah magrib kita pun sholat di pesawat. saat itu orang india muslim sholatnya sambil berdiri di koridor pesawat dengan nada jahr yang otomatis menjadi sorotan penumpang lain (ekstrim, dalam pikiranku) sedangkan kita sholat sambil duduk (yang ternyata salah, karena menurut hadist shohih sholat fardu itu ga boleh sambil duduk kalo dalam perjalanan tapi kalo untuk sujud dan ruku bolh dilakukan dengan duduk dan isyarat tapi yang bagian berdiri mah ya berdiri aja) kuplak aku kita orang muslim india itu ekstrim ternyata mereka itu benar dan paham..maaf ya saudara seiman.

*taukah kalian saat kita melihat keluar jendela pesawat kita merasa sejajar dengan matahari yang sedang tenggelam, gemuruh awan sangat kental terasa. subhanallah. kita sangat kecil dari semua yang ada di alam ini.

SARAN :

1. sebelum bepergian cari tau dulu tentang fikih-fikih dalam perjalanan, semuanya..jangan sampai lupa dengan ketentuan islam dalam mengatur apapun..jadi ga suudzon kaya akuu..huhuh..

2. rajin al-matsurat karena setelah kita al-matsuratan kita dapet kue dari muslim India di pesawat gara-gara ngeliat kita baca al-matsurat.hehehe

NEW DELHI

di bandara ini kita juga nunggu ampe jam 6 pagi buat berangkat ke Kolkata (yang kalo disini mah namanya Calcuta). INI adalah bandara paling besar di India, bagus, megah, mewah, seru lah. lengkap fasilitasnya, nyaman, tapi satu disini ga ada MUSHOLA. ada tempat ibadah namun ternyata ini adalah tempat menyembah berhala dewa-dewa gitu..finally kita sholat duduk lagi (dan ternyata harusnya berdiri). tidur, menunggu, ga jelas.tiba-tiba jam 4 subuh. kita udah boleh check in. tempat nunggu pesawat ke kolkata lebih bagus dari tempat transit.asik banget nunggu disini. poin : bandara di New Delhi LUAAAAASSSSS!!

SARAN :

1. kalo kalian punya mainan kaya game boy atau apa gitu bawa aja. jangan bawa buku untuk ke sekian kali ini rekomendasi aku, karena ga akan kebaca..trust me!!!kalo mau bawa komik…dan laptop yang baterenya ga akan pernah mati sampai 2 malam dipakai.

2. tukerlah uang dolar kalian kedalam uang negara yang kalian kunjungi. jangan lupa yaaa…

3. Practice your english as soon as dan sebanyak-banyaknya.

NEW DELHI-KOLKATA

perjalanan di pesawat ini ga banyak yang terjadi karena kita semua ngantukkkk..jadi kita tidur dengan damai sampai akhirnya sampai di kolkata international airport..horeeee…

KOLKATA

meski di bilang bandara international tapi bandara ini ga terlalu luas, sekaliber Halim Perdana Kusuma Bandung tapi versi kotor. di bandara ini sudah terlihat sedikit kejorokan-kejorokan yang unbelieveable.kita bingung mau kemana mau ngapain akhirnya kita telepon profesornya dan profesor nyuruh naik taksi ke howrah railways station untuk naik kereta ke rourkela.ok. lalu kita pilih taxi.dengan gebleknya.langsung.asal stop aja. naik aja yang kata professor naik taksi itu 240 rupee ini dia minta 500 rupee OMG setelah di tawar-tawar dengan sedikit bahasa tubuh (karena dia ga bisa bahasa inggris dan dengan PD nya ngomong bahasa India jadi aja kita ngalah dan deal 400 rupee) setara dengan 80.000 rupiah lah..

KOLKATA-HOWRAH RAILWAYS STATION

gambaran kota kolkata yang disuguhkan sama sang supir taksi sungguh unbeliaveable. kumuh, kotor, kejorokan dimana-mana, pinggiran banget lah. bau dupa pun menyengat dimana-mana. sapi bertebaran hingga di tengah jalan. mall besar pun ga ada yang ada toko-toko kaya di pasar baru berjejer.kuli panggul dimana-mana, orang berdoa sambil keliling jalanpun banyak. busway disana ga sebagus busway di indonesia, sungguh sudah jelek, karatan, dan buat ngeri tapi bis itu penuh sesak. cara nyupir orang india serampangan hingga bunyi klakson terdengar dimana-mana, rem mendadak asal saja. gila jantung cenat cenut banget.dan supir taksi dengan manisnya hanya tertawa seolah mau bilang this is the beautifull drive that i ever had.

setelah kita muter-muter dan ngelewati sungai gangga yang emang gedeee banget dan lebar banget akhirnya kita nyampeeee…

SARAN :

1. kalo mau naik taksi liat prosedur yang berlaku di negara itu, jadi kalo di India itu ada sistem prepaid taksi yang jatuhnya emang lebih murah bangettt..meski harus sedikit ngantri jadi kita ga naik taksi CALO yang jadi lebih mahal >_<

2. pelajari bahasa negara yang di kunjungi walau sedikit seperti “ayo cepet kita buru-buru” atau sekedar “ini udah nyampe mana?” atau “masih lama ga?” sumpah ini penting bangetttt!!!

HOWRAH RAILWAYS STATION

di stasiun ini bener-bener gambaran statsiun yang ga pernah terlupakan. pengap, sesek, ga teratur, BAU! ya di stasiun ini bau ga puguh tersebar dimana-mana. mau makan ga napsu mau makan apa. ada yang jual pizza eh disebelahnya kecoa berkeliaran, ada restoran makannya sambil berdiri karena ga ada meja. satu GA NAPSU. udah seabrek mie gelas dan indomie di makan mentah-mentah. tapi gimana lagi bener-bener ga cocok ama bau dan makanannya. trus pengemisnya ampun deh lebih ganas daripada anak-anak jalanan di indonesia. mereka sampai ngelus-ngelus dan ngejar-ngejar. seremmmm.pokonya nunggu 4 jam di stasiun ini sama dengan nunggu kiamat –> berasa lamaaaaaaaa….

HOWRAH-ROURKELA

RAME. cuma satu yang mau kita bilang. meski kita naik kereta ekonomi yang bentuk nya cukup aneh karena ini kereta untuk tidur dan kita akan menghabiskan waktu 9 jam di kereta ini. kita udah pasrah aja. kereta jelek tapi ga ada lagi, trus banyak yang jualan tapi ga napsu sampai akhirnya ada secercah harapan : COWO-COWO KULIAHAN INDIA yang BERSIH, BAIK, CUKUP TAMPAN, dan HUMORIS. alhasil kita kenalan, main kartu, nyanyi-nyanyi, ngobrol-ngobrol, ASIKKK…seru..dan mereka mau ikutan ISM juga.. jadilah mereka ini teman pertama kitaaa…thx vivek, muan, subash, suvasky, dipen, and all….

SARAN :

1. carilah teman yang nasibnya sama (at least ikut acara yang sama gitu) karena sumpah itu membantu anda membunuh kebosenan dalam perjalanan..sungguh mereka itu ramaaahhhh…

ROURKELA

kota ini kota kecil di India. potret kehidupan malam di kota ini kurang terekam jelas. karena setelah sampai di stasiun kita langsung di jemput ama anak ISM dan di ajak pake mobil ke guest house. di kota yang kecil ini nyaman, rapih, asri, mengasikan, dan unbeliaveable. beda ama Kolkata. dan akhirnya kita nyampe di guest house.. senang guest housenya bagus selevel ama wisma dago. dan kita di suruh langsung istirahat karena saat itu udah jam 12 malam..thanks god setelah perjalanan yang panjang kita bisa tidur di kasur jugaaaaa…

SARAN :

1. jangan baca note selanjutnya, banyak yang malu-maluin Indinesia..hehe…sekian dulu yahh notenya sudah siang..saya mau kuliah ntar di sambung lagi..dengan kejadian yang bikin malu tapi ga bikin lupaa..wasalam.

Nadia Juli Indrani

Ditulis tanggal 27 April 2011 via notes Facebook

~ by nadzzsukakamu on May 14, 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: