Untukmu, Jobseeker!

Haloww..
sekarang setelah berhasil keluar dari ITB lewat Sabuga, kerjaan tetap aku adalah: mencari pekerjaan!
hihihi..

Sebenerya mau sharing pengalaman aja..setelah aku banyak menjalani psikotes atau test tulis atau test IQ atau test gambar dan segala macem lainnya, satu hal yang perlu diyakini bahwa : Kalo kita ga lolos itu bukan masalah kita ga mampu atau kita ga memiliki kualitas, itu hanya masalah kecocokan. Aku pernah test kerja ampe seabrek dan gagal semua, krisis PD? pasti, tapi kemudian apakah kita memang tidak pantas kerja dimanapun? bukan itu! ini hanya masalah kita belum menemukan tempat yang sesuai dengan kualifikasi kita, kemampuan kita, dengan tempat kerja yang sesuai. Trus, aku mulai menganalisa kepribadian diri aku sendiri, ternyata selama ini apa yang aku kira bagus itulah yang aku jawab, jadi ga semua hal yang aku jawab itu adalah diri aku sendiri, hampir setiap psikotes aku malah bukan diri aku sendiri. aku menjawab semua pertanyaan dengan jawaban, yang menurut aku, bagus, padahal itu mungkin malah tidak sesuai..so just be your self..bener-bener jadi diri kamu sendiri ajaa..karena kita memang hanya akan mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan diri kita bukan di tempat yang kita pikir kita akan dapat merubah karakter kita.. 

Nah, setelah analisis kepribadian, akhirnya aku tau harusnya aku apply di bidang apa aja, and panggilan psikotespun berdatangan kembali, dan kali ini aku ngerasa lebih yakin, lebih PD, lebih santai dan bener-bener jadi diri sendiri aja. isi semua pertanyaan dengan tanpa beban. it’s work!! jadi untuk kalian silahkan analisis kemampuan kalian masing-masing dulu🙂

Tahap kedua setelah psikotes atau segala jenis test itu biasanya adalah interview. aku udah beberapa kali interview, dan hal yang dapat aku simpulkan untuk dijadikan pembelajaran adalah : Yakin! yakin aja kalo kita memang mampu dan bisa dan pantas menjadi pegawai mereka, kita udah lolos psikotesnya ko berarti kita memiliki kualifikasi yang sudah setara dengan yang perusahaan inginkan. jadi tenang, yakin, jawab dengan seadanya. Kata temen, baca : Jundurrahman Assayaaf, interview itu bukan tes, tapi untuk mendapatkan informasi-informasi yang ga bisa didapat lewat tes. Jadi kita siapin aja cara menjawab yang meyakinkan, yang terkesan profesional. Bukan isinya loh, tapi caranya. Nah pertanyaan kalian pasti sama dengan pertanyaan aku, emang gimana cara yang profesional? jawabannya adalahJawab dengan tutur kata yang meyakinkan, yang terkesan dewasa, berpengalaman dalam bidangnya. siapin juga gesture yang meyakinkan. karena pertanyaan wawancara itu kurang bisa diprediksi, bisa apa aja. Jadi jawabannya ga bisa disiapin, tapi cara menjawabnya bisa. terus juga jangan terlalu dominan, tapi jangan terlalu submissive. selain itu tunjukkan kalau kalian tau ide tentang pekerjaan yang di lamar (jangan kaya aku, lamar bidang apa pas disuruh jelasin malah jelasin bidang apa -____-” aigo..aigo..) Percaya diri tanpa harus terlalu dominan..

ya sekian, tips bagi para jobseeker🙂, setelah baca postingan ini mari kita berdoa agar kita semua dapat segera menemukan tempat bekerja yang sesuai dan pas..aamiin🙂

P.S : ada baiknya kita menguasai bahasa Inggris dengan baik dan benar, xixi..

sukses yaa!!

 

Nadia Juli Indrani

Jobseeker🙂

~ by nadzzsukakamu on October 23, 2012.

Leave a Reply

 
